Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi
tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan
serta kemampuan semua karyawan di bagian kantor depan dalam menjalankan
fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam
memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu
Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman
yang lainnya saat mereka dating untuk menginap maupun tidak di suatu
Hotel. Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor
depan sebagai berikut: “WE DO NOT HAVE A SECOND CHANCE TO GIVE GOOD IMPRESSION TO OUR GUESTS” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).
Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan
tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai
hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian
front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel
yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh
hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
- Meningkatkan jumlah tamu langganan
- Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
- Membentuk citra hotel yang positif
- Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
- Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
- Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
- Melaporkan status kamar yang terkini
- Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
- Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
- Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
- Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
- Menyelesaikan keluhan tamu
Pemberi informasi
Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas,
benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada
di hotel maupun di luar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya
terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman
sejawat lainnya.
Penjual (sales person)
Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain
dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian
yang sering berhubungan langsung dengan tamu hotel.
Wakil manajemen
Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil
manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam
kerja manajemen
Penyimpan data
Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh
petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor
depan, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu
terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang
tepat untuk masa yang akan datang
Diplomatis
Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu
melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan
yang baik dengan tamu dan pihak lain.
Pemecah masalah
Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami
oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
Humas
Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan
dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis
dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar